Monday 12 December 2011

Binatang-binatang yang "immortal"!!!

Manusia sejak dulu selalu bermimpi dan mencari cara agar bisa awet muda bahkan hidup selamanya. Tahukah kalian jika di alam ini sebenarnya ada beberapa makhluk yang secara alami bisa dikategorikan sebagai makhluk yang tidak bisa mati??

Ini dia beberapa diantaranya:

1. Tardigrade
1322585107.jpg
Mereka adalah makhluk mikroskopik yang hidup di dalam air dan memiliki kemampuan survival yang luar biasa. Mereka diketahui bisa selamat dari ledakan nuklir dan bisa terus hidup dalam kondisi yang sangat ekstrim. Mereka bisa hidup dalam keadaan dehidrasi selama puluhan tahun dan bisa menahan tekanan atmosfir di laut yang paling dalam sekalipun. Makhluk ini bahkan tetap hidup setelah 10 hari lebih berada di luar angkasa tanpa perlindungan apapun dari radiasi dan tanpa air dan makanan.sweat.gif



2. Tree Weta
1322585528.jpg
Makhluk endemik Australia dan Selandia Baru ini merupakan salah satu serangga terbesar di dunia. Diketahui telah muncul sejak 190 juta tahun yang lalu, makhluk ini memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dalam lingkungan yang ekstrim. Karena memiliki protein khusus di dalam darahnya, Weta tidak bisa mati meskipun dalam keadaan beku sekalipun. Setelah iklim kembali normal, Weta akan kembali hidup seakan-akan baru terbangun dari tidurnya. Sir Walter Buller, seorang naturalis yang membutuhkan Weta dalam keadaan mati untuk koleksinya sempat kebingungan mencari cara untuk membunuh makhluk ini, karena tetap hidup setelah ditenggelamkan selama 4 hari dan dimasukkan ke dalam air mendidih.



3. Turritopsis nutricula
1322586032.jpg
Dikenal dengan julukan Immortal jellyfish, makhluk ini benar-benar bisa dikategorikan makhluk yang hidup abadi. Bagaimana tidak, sama sekali tidak ada siklus tua dan mati dalam siklus hidupnya!!!funk.gif
Ubur-ubur yang telah dewasa tidak akan pernah menjadi tua, melainkan akan berubah kembali menjadi wujud polip (bayi ubur-ubur), dan siklus hidupnya pun berulang terus menerus. Makhluk inilah yang telah mendorong rasa ingin tahu para ilmuwan untuk melakukan penelitian stem cell untuk keperluan medis.

No comments:

Post a Comment